Home Harga Laptop 7 Tips Cara Memilih Laptop Untuk Programmer

7 Tips Cara Memilih Laptop Untuk Programmer

SHARE
Laptop programmer
Laptop programmer

Tips cara memilih laptop untuk seorang programer patut diperhitungkan kualitas dari laptop tersebut, karena seorang programmer akan banyak melakukan aktifitas coding dan harus memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi untuk programer harus spesifikasi yang tinggi dan juga membutuhkan banyak program untuk melakukan pengetesan, design dan eksekusi dari program yang telah dibuat, maka dari itu dibutuhkan laptop yang enak dipakai mulai dari keyboard, layar dan spesifikasi dari hardwanya juga patut diperhitungkan.

Berikut ini ulasan Memilih laptop untuk seorang programmer :

1. Layar

Dipasaran terdapat banyak ukuran layar yang dipakai biasanya standar menggunakan layar 14 inchi, namun ada juga layar yang berukuran 11,5, 12, 13 bahkan sampai 15 inchi. Namun untuk seorang programmer disarankan menggunakan layar 14 dan 15 inchi karena dibutuhkan juga untuk melihat desain.

Baca juga : 5 Tips Memilih Laptop Canggih Sesuai Kebutuhan

2. Processor

Processor merupakan otak dari sebuah teknologi komputer, tanpa adanya processor maka komputer tidak akan berjalan. Untuk itu seorang programmer disarankan untuk menggunakan minimal core i3 keatas, mengapa diatas core i3 keatas, karena banyak program yang berat yang membutuhkan processor tinggi dan menjalankan addons yang tberat juga tentunya.

3. Memori RAM

Memori RAM patut diperhitungkan karena RAM yang besar akan membutuhkan kinerja yang berat, untuk menjalankan program execute. disarankan untuk menggunakan RAM diatas 8 GB karena jika RAM besar makan kinerja laptop akan terasa ringan dan cepat akses untuk membuka banyak program.

Baca : 8 Tips Memilih Laptop Bekas atau Second

4. Resolusi Layar

Resolusi layar atau ukuran layar kerap dianggap sepele oleh beberapa orang. Namun pada kenyataannya kenyaman mata dengan layar laptop sangatlah berpengaruh. Pada umumnya laptop memiliki resolusi sekitar 1366px x 768px. Untuk ukuran tersebut, bagi programmer masih belum cukup. Ukuran layar yang ideal untuk programmer adalah 1920px x 1080px. Ukuran tersebut cukup nyaman saat dilihat oleh mata kita. Terutama saat melakukan multitasking atau untuk melihat tulisan di dalam layar. Cuma hanya saja, jika anggaran anda tidak mencukupi, sebaiknya pilihlah ukuran layar yang membuat mata kamu nyaman. Sebab, hal itu jauh lebih penting. Jika perlu anda harus menggunakan dua layar agar bisa melihat program sembari melihat hasil dari program yang telah dibuat.

Baca :   Langkah-langkah Merawat CD/DVD agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

5. Hardisk

Hardisk untuk seorang programmer menggunakan SSD. Kenapa SSD karena untuk seorang pragremmer SSD sangat cepat untuk akses kinerja dalam menjalankan program, SSD lebih cepat dibandingkan type hardisk SATA. SSD juga bisa berjalan 200x lebih cepat dibandingkan SATA.

Baca : Cara Mudah Merawat Charger dan Baterai Laptop Agar Awet

6. Keyboard

Seorang programmer keyboard merupakan pilihan yang harus digunakan karena keyboard menunjang penuh atas coding yang digunakan sehari-hari dan lebih intense terhadap kinerja dari aktivitas codingnya. jangan sampai anda salah mengetik atau typo karena berakibat salah terhadap program yang anda buat.

7. Sistem Operasi

Operating system pada komputer seorang programmer sangatlah penting untuk menunjang program yang akan digunakan, sebagian programmer windows biasanya akan menggunakan windows 10 terbaru karena semua kebutuhan aplikasi harus menggunakan windows 10 terbaru, Namun jika anda seorang programmer linux ya tetap menggunakan linux, begitu pula seorang programmer aplikasi apple harus menggunakan imac.

Seperti itulah ulasan tentang cara memilih laptop untuk programmer.

Semua ulasan diatas juga tergantung dari kebutuhan anda, dan harus dilihat dari budget yang tersedia.

Semoga tutorial ini bermanfaat, salam ITNewbie

SHARE

Leave a Reply