Home Printer Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Kolom Printer Canon Tidak Lurus

Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Kolom Printer Canon Tidak Lurus

SHARE
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Kolom Printer Canon Tidak Lurus
Cara Mengatasi Hasil Cetak Tabel Kolom Printer Canon Tidak Lurus

Hasil cetakan printer tidak lurus yaitu satu diantara problem yang seringkali hinggap pada printer printer kelas low-end, seperti printer canon ip2770, MP287, MP237, MP258 dan juga epson. Satu diantara printer yang sering alami problem ini yaitu printer merk Canon dalam beragam seri.

Banyak orang-orang yang waktu menemukan kalau hasil cetak printernya tidak lurus atau berbelok belok biasanya langsung ganti cartridgenya. Memang ganti cartridge bisa merampungkan problem ini, tetapi karna cartridge memiliki harga yang mahal jadi anda bisa berusaha untuk memakai cara lain yang lebih ekonomis. Satu diantara penyebabnya terjadinya hasil cetak yg tidak lurus yaitu plastic pita panjang yang kotor karna terkena tinta yang mengering.

Baca : Cara Head Cleaning/ Membersihkan Head pada Printer

Plastic pita panjang ini bila kotor juga akan berpengaruh pada hasil cetakan printer anda. Hasil cetakan bisa saja tidak lurus atau miring dan garisnya berbelok belok karna encoder inilah yang mempunyai fungsi jadi pencetak garis lurus (vertikal) sedangkan pencetak garis mendatar (horizontal) yaitu lempeng plastic bulat atau yang umum biasadisebut decoder.

Cara untuk menangani hasil cetak yg tidak lurus tadi sesungguhnya begitu gampang. Anda tinggal bersihkan plastic pita panjang itu dengan memakai tisu yang sudah dibasahi dengan air hangat. Waktu bersihkan anda mesti sangat berhati hati karna bila digosok terlampau keras anda bisa menghapus garis garis yang berada di encoder.

Bila sampai garis ini terhapus anda tidak bisa menggunakan encoder ini lagi dan mesti menggantinya dengan yang baru. Terkadang ada saatnya encoder yang telah dibersihkan tetap saja tidak bisa dipakai. Hal semacam ini karena encoder yang telah terkena tinta kering umumnya memang susah untuk dibersihkan lagi. Bila udah begini mau tidak mau sobatmesti ganti encoder anda dengan encoder yang baru.

Baca :   10 Peralatan Yang Diperlukan Untuk Memasang Infus Printer

Bila setelah ganti encoder baru garis yang dibuat masih tetap miring atau tidak lurus berarti memang cartridge dari printerlah yang perlu ditukar. Masalah begini memanglah jarang terjadi tetapi mungkin bisa terjadi pada anda. Untuk mengetes apakah hasil cetak anda telah lurus serta normal anda bisa cetak satu lembar kerja excel.

Baca : Cara Reset Ink Waste Is Full Printer Epson L Series WORK!

Cermatilah apakah garisnya telah lurus atau masih tetap berbelok-belok. Anda harus juga mengecek keadaan printer anda apakah udah mencetak dalam kwalitas tinggi atau belum. Printer yang disetting untuk cetak dalam kwalitas rendah umumnya juga mempunyai problem begini. Hal semacam ini sangat perlu buat anda cermati, anda bisa merubah settingan dari printer anda untuk jadi kwalitas tinggi dengan masuk pada menu properties dari settingan pada printer anda.

Demikianlah cara untuk menangani hasil cetakan printer yg tidak lurus atau berbelok belok. Mudah-mudahan info diatas berguna untuk anda. Salam IT Newbie

SHARE

Leave a Reply