Home Printer Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

SHARE
Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal
Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal – Mungkin saja banyak diantara anda yang sempat merasakan hasil printer yang bergaris vertikal atau hasil cetakan seperti teriris? Anda tentu terasa jengkel kan? Kesempatan ini anda tidak butuh jengkel atau cemas bila hadapi problem itu karna kami juga akan memberi panduan cara menangani hasil cetak printer bergaris vertikal. Sesungguhnya, masalah saat cetak memanglah banyak, seperti tinta habis, catridge rusak, head printer mampet, serta yang lain. Bila problem hasil cetak yang bergaris vertikal, sisi printer yang bermasalah yaitu encodernya. Bila anda belum juga tahu apakah itu encoder, memiliki bentuk mirip pita serta melekat pada tempat tinggal cattrigde printer anda.

Penyebabnya encoder bermasalah yaitu ada tinta yang melekat pada encoder hingga menutupi baris kode yang berada di permukaannya. Printer tidak bisa hasilkan hasil cetakan yang utuh karna hal semacam ini. Cara menangani hasil cetak printer bergaris vertikal sudah pasti anda mesti bersihkan encoder. Cara membersihkannya cukup gampang, cukup ikuti langkah di bawah ini :

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Vertikal dengan Mudah

Matikan Printer
Oleh karenanya, yakinkan printer telah dalam kondisi mati serta tidak tersambung ke listrik atau kabel printer tidak tertancap pada stop kontak.

Sediakan head cleaner serta tissue kering
Cara menangani hasil cetak printer bergaris vertikal karna encoder kotor tidak cukup hanya dilap saja. Anda mesti memakai head cleaner yang telah dapat dibuktikan ampuh bersihkan tinta yang melekat pada printer. Tetesi tissue kering dengan head cleaner, sebelumnya dipakai untuk menggosok-gosok.

Baca : Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tersumbat

Gosokkan di bagian encoder yang terserang tinta
Waktu bersihkan encoder dengan tissue, janganlah sangat keras dalam menggosok-gosok agar baris kodenya tidak hilang. Lakukan saja dengan perlahan-lahan, ke kanan serta ke kiri. Gosok dengan perlahan-lahan sampai semua noda tinta pada encoder hilang.

Baca :   Ciri-ciri Cartridge Printer Canon Sudah Rusak

Uji cobakan printer anda
Sesudah semuanya noda tinta hilang, tutup kembali printer yang telah anda bongkar lalu nyalakan serta pakai untuk cetak dokumen. Amati apakah hasil cetakan telah normal atau belum juga. Semestinya bila anda lakukan langkah ini dengan benar printer juga akan jadi normal kembali, terkecuali karna memanglah ada rusaknya di bagian beda printer anda.

Baca : Cara Membersihkan Cartridge Printer Canon dengan Benar

Lantas, bagaimana bila tengah dalam kondisi genting tapi tidak miliki head cleaner? Ada satu jalan keluar yang begitu gampang untuk ganti head cleaner yakni dengan merendam encoder di air yang mendidih. Kemudian, cobalah anda bersihkan tinta yang melekat dengan kuku tangan anda. Ingat, janganlah sangat keras dalam bersihkan, agar tidak menyingkirkan baris kode. Jika baris kode rusak atau ada yang hilang, jadi encoder tidak berperan sekali lagi serta anda mesti menggantinya dengan encoder baru. Demikian panduan mengenai cara mengatasi hasil cetak printer bergaris vertikal, mudah-mudahan bisa menolong problem printer Anda.

SHARE

Leave a Reply