Home Hardware 6 Jenis-Jenis Tinta Printer Cetak dan Fungsinya

6 Jenis-Jenis Tinta Printer Cetak dan Fungsinya

SHARE
Jenis Tinta Printer Cetak
Jenis Tinta Printer Cetak

Mengetahui jenis-jenis tinta printer bersama fungsinya itu adalah satu hal yang begitu perlu. Printer adalah satu hardware yang dipakai jadi pencetak gambar, tulisan maupun sebagian file yang lain. Printer mempunyai banyak jenis serta fungsi yang lain (Saksikan : Jenis-Jenis Printer serta Fungsinya). Dari mulai pencetak tulisan, gambar sampai pencetak tulisan serta gambar pada media keras. Dari banyak media yang dipakai berikut tinta printer terdiri jadi sebagian jenis serta fungsi yang berbeda. Tersebut disini jenis-jenis printer bersama fungsinya :

Jenis-Jenis Tinta Printer Terbaik dan Fungsinya

  1. Tinta Printer Dye Base, yaitu jenis tinta yang menguasai berbahan air serta digabung dengan pewarna (colourant) yang dapat menyatu dengan baik. Hingga peluang dapat mengendap serta mampat pada Printhead Cartidge yang makin kecil. Tinta printer jenis ini banyak dipakai untuk printer standar karna dapat hasilkan cetakan yang bagus dengan warna cerah.
  2. Tinta Printer Pigment/Durabrite, adalah jenis tinta printer yang memiliki kwalitas cetak lebih tajam, pekat dan tahan air bila dibanding dengan tinta dya base. Jenis tinta ini diformulasinya dari Air, lalu Diluent, Colorant Pigment, dan sebagian bahan yang lain. Hasil cetakan dari tinta ini semakin lebih tahan lama pada semuanya jenis kertas yang dipakai. Kekurangannya, bila tidak dipakai kurun waktu spesifik jadi Printhead Cartridgenya juga akan terhalang oleh bahan pewarna tinta serta juga akan jadi jadi kering dan mengendap pada nozzle head.
  3. Tinta Printer Sublimation Ink, adalah jenis tinta printer water based sublimation yang seringkali dipakai oleh umumnya pemakai infus printer untuk mentransfer gambar hasil print ke media beda seperti printer-printer standar yang dipakai untuk cetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, pin, mug, keramik serta sebagian jenis yang lain. Tinta oo diformulasikan berbahan yang menguasai dengan minyak, pewarna, diluent, dan zat yang lain hingga tinta sublim ini memiliki ketahanan yang jauh tambah baik di banding tinta pigment. Tetapi kemungkinan terhalangnya Printhead semakin besar bila dibanding dengan Tinta Pigment.
  4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink, adalah jenis tinta yang pas untuk dipakai di percetakan taraf kecil maupun besar dengan memakai kertas at paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
  5. Tinta Printer Solvent, adalah jenis tinta printer yang memiliki ketahanan terbaik pada paparan air maupun cahaya ultraviolet. Karna, tinta solvent ini terbuat dari beberapa bahan spesial seperti cat duco lalu ditambah dengan bahan-bahan yang lain yang dapat sesuai dengan beberapa type Printer Outdoor. Jenis tinta ini banyak dipakai untuk cetak Banner, Billboard, Spanduk, Neonbox, serta sebagian yang lain untuk outdoor printing karna dapat hasilkan cetak yang lebih awet pada Air serta cahaya Ultra Violet.
  6. Tinta Printer Eco Solvent, adalah jenis tinta printer yang mempunyai karakter seperti tinta solvent cuma saja tinta eco solvent ini sedikit kurang tahan pada paparan cahaya Ultra violet. Namun, jenis tinta ini tidak berbau menyengat di banding tinta solvent. Oleh sebab tersebut tinta Eco Solvent ini banyak dipakai untuk Indoor Printing.
Baca :   Rekomendasi 10 Printer Terbaik Murah Untuk Mahasiswa

lihat juga : Perbedaan Printer Inkjet, Laserjet, dan Dot Matrix

Tiap-tiap printer mempunyai jenis tinta spesial jadi dengan ketahui sebagian jenis tinta di atas anda semakin lebih gampang dalam menyesuaikannya. Karna, penentuan jenis tinta yang pas jadi dapat hasilkan cetakan yang berkwalitas dari mulai warna sampai tulisan yang diciptakan pada kertas. Sekian keterangan mengenai jenis tinta printer yang dapat di sampaikan mudah-mudahan dapat berguna serta makin mempermudahkan anda.

SHARE

Leave a Reply