Home Tips dan Trik Cara Mengembalikan File yang disembunyikan Virus

Cara Mengembalikan File yang disembunyikan Virus

SHARE
Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan Virus
Cara Mengembalikan File Yang Di Sembunyikan Virus

Cara Mengembalikan/Memunculkan kembali File yang disembunyikan Virus manual tanpa aplikasi, biasanya virus shortcut yang menginfeksi komputer, flashdisk, harddisk external anda. Kebanyakan orang pada saat ini mempunyai memory penyimpanan eksternal atau lebih sering dinamakan flashdisk yang mempunyai kapasitas penyimpanan mulai dari 2 Gb sampai 128 Gb bahkan lebih. Dengan flashdisk yang kita miliki ini bisa membawa softfile kemanapun anda pergi, hal ini biasaya dilakukan oleh sekretaris atau pegawai yang membutuhkan data-data penting kemanapun perginya, ada juga nih yang perlu diperhatikan banget yakni pencurian data pada saat menggunakan WIFI publik, untuk mengantisipasi atau menanganinya anda bisa terapkan nih cara melindungi storage device dari ancaman di Internet.

Baca : 4 Tips Cara Memilih Flashdisk Yang Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Flashdisk ini akan ditancapkan ke komputer untuk mendapatkan daya dan akses penyimpanan, hal inilah yang menjadi penyebab adanya virus shortcut yang telah masuk ke dalam flashdisk kita. Virus ini biasanya menular dari suatu perangkat ke perangkat lain melewati media penyimpanan eksternal seperti flashdisk maupun lainnya yang sudah tertular sebelumnya, nah jangan sampai Smartphone kita juga terkena nih, untuk mengantisipasinya bisa gunakan antivirus android yang bisa dilihat pada aplikasi antivirus Android terbaik dan terpopuler berikut.

Baca : Cara Agar Flashdisk tidak Mudah Terinfeksi Virus

Saat flashdisk ditancapkan ke komputer maka semua data anda akan berekstensi shortcut, terkadang masalah ini akan membuat sebagian orang masih kebingungan bagaimana cara mengatasi virus shortcut dan data kita didalamnya kembali seperti semula, berikut pembahasannya.

Baca : 20 Cara Mengenali Ciri-Ciri Komputer Terjangkit Virus

Pada komputer yang tidak mempunyai anti virus terkadang kesulitan bagaimana cara mengatasi virus shortcut, bagi kalian yang mengalami masalah ini jangan khawatir karena kami akan membahas bagaimana cara untuk menyelesaikannya tanpa menggunakan aplikasi anti virus.

Baca :   Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Ad.fly di Mozilla Firefox

Baca : 9 Tips Jitu Cara Membuat Flashdisk Awet

Setelah flashdisk tertancap di komputer dan timbul ekstensi shortcut pada semua data, kita tekan tombol windows dan huruf R secara bersamaan untuk membuka menu Run, setelah itu kita ketikan cmd pada kolom run tersebut lalu tekan enter dan akan muncul halaman command prompt.

cmd windows

Baca : Cara Menghapus Virus Autorun Secara Manual

Setelah halaman command prompt muncul kita check berada di drive mana flashdisk kita tertancapkan, misalnya di drive G, maka kamu harus mengetik G:, lalu tekan tombol enter.

Kemudian ketikan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d, kemudian tekan enter dan kita tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Attrib Pada Windows

Baca : Cara Penanganan Setelah Terinfeksi Virus, Malware, Trojan

Setelah proses selesai, maka semua file data di flashdisk kita yang sebelumnya disembunyikan ataupun dihilangkan oleh virus Short Cut, maka dengan ini semua data akan muncul kembali secara normal, begitulah cara mengatasi virus shortcut pada komputer tanpa harus menggunakaan anti virus, jika mengalami error pada komputer anda maupun orang lain bisa simak nih cara mudah reset ulang Windows saat terjadi masalah pada komputer!.

SHARE

Leave a Reply