Home Android Lacak Smartphone Anda Saat Hilang dengan Cara ini

Lacak Smartphone Anda Saat Hilang dengan Cara ini

SHARE
Lacak Handphone Hilang
Lacak Handphone Hilang

Tak hanya Apple yang membantu pengguna menemukan smartphone-nya yang hilang melalui fitur Find my iPhone.

Google juga memiliki fitur serupa untuk smartphone yang menggunakan sistem operasinya, Android. Google telah mengubah alat pelacak smartphone yang lebih praktis bernama Find My Device. Fitur ini dapat Anda gunakan melalui Google Chrome. Find My Device sebelumnya dikenal sebagai Android Device Manager dan Anda dapat menggunakannya melalui PC, Mac, atau perangkat mobile lainnya.

Layanan ini kini dirilis ulang bersamaan dengan alat penghalang malware Google, Play Protect. Dilansir Which, berikut tips mudah melacak smartphone Android yang hilang.

Ketik ‘find my phone’ di Google
Langkah pertama, Anda harus mengetik ‘find my phone’ pada laman pencarian Google. Berdasarkan pantauan Okezone, Anda akan menemukan link yang membawa Anda untuk menemukan menu pelacakan smartphone pada halaman pertama. Jika Anda belum terhubung dengan akun Google Anda, Anda akan dipersilakan untuk login ke akun Anda agar perangkat yang Anda gunakan terhubung ke smartphone yang hilang.

Pilih Telefon Anda

Setelah Anda terhubung dengan akun Google yang terpasang pada akun yang hilang, akan tampil jenis smartphone yang Anda gunakan dengan akun tersebut. Pilih gambar smartphone Anda yang hilang, kemudian Anda akan disajikan tampilan yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan smartphone tersebut melalui browser Chrome atau dari ponsel lain kapan pun Anda mencarinya.

Bunyikan Dering, Kunci, Cari, atau Hapus

Setelah proses kedua selesai, akan tampi halaman yang menyajikan keberadaan smartphone Anda. Anda juga dapat memeriksa aktivitas smartphone Anda yang hilang tersebut, termasuk aktivitas terkait keamanan untuk melihat apakah kata sandi Google Anda telah diubah.

Selain itu, Anda dapat memanggil atau mengunci smartphone Anda jika perangkat itu dicuri atau tertinggal di tempat umum.

Baca :   Cara Restore File yang Terhapus di Android tanpa Root Manual

Klik menu ‘Lokasi’ dan Anda akan disajikan tampilan peta yang menunjukkan lokasi terakhir yang terdeteksi dari ponsel Anda, beserta indikator daya tahan baterai smartphone tersebut.

Dengan memilih ‘Lock’ smartphone, Anda dapat memilih untuk menampilkan pesan khusus yang dapat di custom beserta nomor telefon, pada layar kunci smartphone Anda yang hilang. Cara ini akan memudahkan mereka untuk mengembalikan smartphone Anda jika ada orang lain yang menemukannya.

Sebagai upaya terakhir, Anda juga dapat menghapus data perangkat smartphone yang hilang. Dengan melakukan hal ini, berarti Anda akan kehilangan semua file secara permanen, namun tentunya akan menjamin informasi pribadi Anda tak dapat diakses oleh mereka yang menemukan telefon Anda.

Jika Anda memilih opsi tersebut, data keberadaan smartphone itu selanjutnya akan terhapus.

 

SHARE

Leave a Reply