Home Networking Inilah 6 Perbedaan Antara Switch dengan HUB

Inilah 6 Perbedaan Antara Switch dengan HUB

SHARE
Switch Dan HUB
Switch Dan HUB
Perbedaan Switch dan HUB
6 Perbedaan Antara Switch dengan HUB – Salam IT Newbie, Sudah lama IT Newbie tidak membahas tentang networking, karena banyaknya tutorial yang harus kami tuangkan dalam blog ini, terutama dengan rilisnya sebuah operasi sistem windows terbaru yaitu Windows 8. IT Newbie terus membahas tentang windwos 8 karena sistem operasi ini sedang booming-boomingnya. Langsung saja akan kita bahas tutorial tentang Switch dan HUB.
Siapa diantara sobat yang tidak tahu switch atau hub? pengertian Switch dan HUB yaitu merupakan sama-sama sebuah alat jaringan komputer sebagai central atau pusat untuk membagi koneksi yang saling terhubung dengan port-port lainnya untuk dapat mengkoneksikan sebuah komputer satu dengan komputer lainnya. Jika dilihat dari pengertian dan fungsinya jelas sekali sama. Pada switch maupun hub sama-sama memiliki beberapa port dari kabel RJ45 atau female yang merupakan sebuah tempat untuk terhubungnya antara konektor RJ45 male yang terpasang pada ujung kabel jaringan.
Untuk dukungan banyaknya port workstation yang bisa saling terhubung tergantung dari jumlah port yang tersedia pada hub atau swith tersebut. Dan biasanya port RJ45 female yang tersedia pada hub atau switch berjumlah 4, 8, 12, 16, 24 port.
Pada tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Tips dan Trik Cara Merawat JAringan Komputer dan Mengatasi Permasalahan pada Jaringan LAN.
Berikut ini akan kita bahas Perbedaan antara Switch dengan HUB:
1. Pada sebuah HUB hanya memiliki satu collision control untuk semua port yang ada sedangkan switch setiap port memiliki colloision control sendiri-sendiri. (collision control yaitu pengontrol transmisi data atau informasi dalam kabel jaringan LAN agar tidak terjadi tabrakan data)
2. Pada HUB apabila semakin besar jumlah port yang disediakan maka akan semakin lambat proses transmisi data yang terjadi, sedangkan pada switch banyaknya jumlah port tidak membebani collision control karena setiap port memiliki collision control sendiri.
3. Port pada HUB hanya 4 sampai 12 port sedangkan switch lebih banyak portnya.
4. Jika dilihat dari segi keamanannya Switch lebih ketat keamanan nya dibandingkan HUB
5. Kecepatan transfer data switch jauh lebih cepat dibandingkan HUB 
6. Dilihat dari segi ekonomisnya sudah pasti hub lebih murah harganya dibandingkan dengan switch yang lebih mahal.
Jika dilihat dari perbedaan antara Switch dengan HUB jelas sekali switch lebih unggul dari HUB, dan dilihat dari segi kualitasnya switch pun lebih unggul meski fungsinya sama sebagai central pada jaringan komputer.
Bagaimana sobat?
Apakah sobat akan lebih memilih switch yang jauh lebih baik dibandingkan dengan HUB. Semuanya balik lagi kepada diri sobat. IT Newbie pribadi lebih memilih switch.
Setidaknya dengan adanya tutorial ini sobat dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan serta perbedaan antara switch dengan HUB.
Semoga tutorial ini bermanfaaat..
Salam IT Newbie..
Baca :   Perbedaan Antara Proxy Server dengan Firewall
SHARE

Leave a Reply