Home Networking Pengertian, Pengenalan dan Fungsi Dasar Tentang VPN

Pengertian, Pengenalan dan Fungsi Dasar Tentang VPN

SHARE
VPN Client

Pengenalan Dasar Tentang VPNIT Newbie. Tahukah diantara sobat yang mengetahui apa itu VPN? bagi sobat yang bergelut di dunia IT pasti sudah akan tahu apa itu VPN dan fungsi serta kelebihan dan kekurangan bila memakai VPN.

Dalam tutorial kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit info tentang pengenalan dasar tentang VPN serta kegunaan dan manfaat kelebihan, kekurangan dari VPN. Tutorial sebelumnya IT Newbie pernah mambahas tentang Networking yang berjudul  Tips Mengatasi Permasalahan Pada Jaringan LAN dan Pengetahuan Dasar Tentang Windows Server 2003.
Langsung saja akan kita bahas, seperti berikut ini :
Apa yang dimaksud dengan VPN : VPN kependekan dari Virtual Private Network yang merupakan sebuah koneksi private melalui jaringan publik atau dengan kata lain bisa dengan koneksi internet. Dalam hal ini yang perlu kita ketahui 2 garis besar yaitu :
1. Virtual Network
Yang berarti merupakan sebuah jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual atau cloning. Tidak ada koneksi jaringan real antara 2 koneksi titik yang berhubungan.
2. Private
Merupakan sebuah jaringan yang terbentuk yang bersifat private dengan kata lain tidak bisa semua orang lain bisa mengaksesnya. Data yang terkirim terenkripsi sehingga bersifat rahasia walaupun menggunakan koneksi jaringan publik.
Dengan menggunakan koneksi yang terhubung dengan VPN kita dapat membuat jaringan dalam jaringan atau yang biasa disebut dengan tunnel (terowongan). Tunneling merupakan suatu cara untuk membuat jaringan dengan jalur private dengan menggunakan infrastructure pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan satu dari tiga teknologi tunneling diantaranya yaitu : L2TP, PPTP, IPsec (Internet Protokol Security). VPN menggunakan perpaduan antara Tunneling dan enkripsi.
Cara kerja dari VPN
  • VPN sangat membutuhkan sebuah server yang fungsinya sebagai penghubung antara PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan software VPN Server atau sebuah Router, contohnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai koneksi, komputer dengan software VPN Client mengontak ke Server VPN, VPN Server lalu maminta atau memverifikasi username dan password yang sudah terdaftar di server VPN dan apabila loginnya berhasil maka VPN Server akan memberikan IP Address baru pada komputer client yang menggunakan koneksi melalui VPN dan selanjutnya sebuah koneksi / tunneling akan terbentuk.
  • Kemudian komputer client dapat digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atau jaringan LAN) yang berada dibelakang VPN Server contohnya akan melakukan transfer data, memulai ngeprint sebuah dokument, browsing atau berselancar di internet dengan menggunakan gateway yang telah diberikan dari VPN Server, dan juga dapat melakukan remote desktop dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.
Keuntungan dan Manfaat dari Penggunaan koneksi dengan VPN
  • Remote Access, dengan menggunakan koneksi VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama kita terhubung ke internet. (bisa kita remote komputer yang ada dikantor dan kita kendalikan dari rumah atau manapun, yang terpenting adanya koneksi internet)
  • Security, dengan adanya koneksi dengan menggunakan VPN kita dapat berselancar dengan aman saat menggunakan akses internet publik seperti Wifi hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN bisa digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan penggunaan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi koneksi VPN menggunakan media jaringan public yang telah ada tanpa harus membangun jaringan pribadi.
  • Dan masih banyak lagi dari penggunaan VPN
Kekurangan dari Penggunaan Koneksi dengan VPN
  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak dapat kita prediksi. Dengan hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita cuma “numpang” koneksi pada satu jaringan pihak lain atau pihak ketiga maka otomatis kita tidak mempunyai kontrol penuh terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap security. Karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita harus memberikan perhatian untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan contohnya seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan koneksi VPN.
Bagaimana sudah mengerti sobat IT Newbie tentang Pengenalan dasar tentang VPN, Apa itu VPN?, Cara kerja VPN, Definisi VPN, Pengertian dasar tentang VPN, Kelebihan dan kekurangan dari VPN.
Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat..
Salam IT Newbie..
Baca :   Trace IP Address Lawan Chat di Yahoo Messenger
SHARE

Leave a Reply