Home Taukah Anda? Pengertian Dasar Hosting dan Jenis-jenis Hosting

Pengertian Dasar Hosting dan Jenis-jenis Hosting

SHARE
Jenis-jenis Hosting
Tips Mengetahui Pengertian Dasar Hosting dan Jenis-jenis Hosting – Salam IT Newbie, Untuk jaman sekarang ini, mungkin sedang marak-maraknya sebuah website, Website merupakan sebuah halaman yang berisi informasi, berita, video, musik dan lain sebagainya yang biasa diakses dengan menggunakan browser yang terhubung dengan internet. Namun dari ketentuan dari sebuah website, tentunya dari kita jika ingin mebuat sebuah website diharuskan mempunyai sebuah domain dan sebuah hosting.
Dalam tutorial terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang Keuntungan dan Kelebihan Cloud Hosting dibandingkan Shared Hosting, namun kali ini IT Newbie akan memberikan sedikit tutorial tentang Pengertian Dasar Hosting dan Jenis-jenis Hosting, Langsung saja akan kita bahas seperti berikut ini :

Pengertian Dasar Hosting
Pengertian dasar dari hosting yaitu sebuah komputer atau PC yang saling terhubung dengan jaringan internet yang biasanya dimanfaatkan untuk menaruh sebuah halaman situs, yang biasanya seperti File hosting, DNS, database dan lain sebagainya.
Didalam sebuah server hosting, dipastikan selalu terkoneksi dengan internet dan server hosting tidak boleh dimatikan, karena merupakan sebuah pusat tempat dimana, sebuah client-client website berada dalam satu lingkungan server hosting, Biasanya server hosting pada umumnya disewakan kepada sebuah perusahaan atau individu untuk dijadikan sebagai website.
Jenis-Jenis Hosting
Beberapa layanan server hosting yang disediakan oleh penyedia hosting memberikan beberapa tipe dan jenis hosting yang ada,  sobat bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget sobat, seperti berikut ini :

1. Dedicated Server
Dedicated Server merupakan sebuah layanan hosting dari penyedia yang memungkinkan kita dapat mengendalikan sepenuhnya terhadap kendali server kita tersebut. Tetapi secara faktanya, kita tidak memiliki server dari penyedia server hosting, tetapi kita harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap server yang telah kita gunakan.

2. Shared Hosting
Shared Hosting merupakan sebuah server yang biasanya disediakan ole penyedia, untuk dibagikan secara shared dan gabungan dari beberapa website client-client lainnya. Dalam Shared Hosting ini biasanya digunakan oleh admin website pemula, untuk belajar-belajar membuat website.
3. Virtual Private Server
Virtual Private Server atau biasa disebut dengan VPS merupakan sebuah server yang dibagi menjadi beberapa bagian dari pusat server. Jenis hosting VPS ini berjalan sebuah operasi sistem diatas dalam operasi sistem yang nantinya VPS bisa digunakan tanpa adanya gangguan dari VPS lainnya.

4. Free Hosting
Free hosting atau bisa disebut dengan hosting gratis biasa layanan ini digunakan tanpa adanya biaya yang dikeluarkan. Biasanya dalam free hosting, akan dibatasi kapasitas hardisk dan bandwidth yang digunakan, kekurangan dari free hosting biasanya akan ada banyaknya iklan didalam control panel.
Pada dasarnya jenis-jenis hosting sebenarnya banyak, namun yang biasa digunakan oleh orang untuk membuat sebuah website yaitu 4 hosting, seperti yang sudah IT Newbie jelaskan diatas.
Semoga tutorial Tips Mengetahui Pengertian Dasar Hosting dan Jenis-jenis Hosting ini dapat menambah wawasan sobat semua.
Salam IT Newbie..
Baca :   15 Cara Merawat Laptop secara Baik dan Benar
SHARE

Leave a Reply