Home Hardware Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Karena Bad Sector

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Karena Bad Sector

SHARE
Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector
Tips Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Karena Bad Sector – Biasanya Hardisk tidak terbaca, hardisk rusak, hardisk tidak terdeteksi, dan karena bad sector ini yang sering kita alami saat komputer sedang kita jalankan dan tiba-tiba komputer restart dengan sendirinya dan saat itu pula komputer booting kemudian not responding dan menampilkan sebuah pesan system not found. permasalahan itu yang sering IT Newbie alami.
Sebenarnya untuk memperbaiki hardisk yang rusak karena bad sector, hardisk tidak terbaca, dan permasalahan hardisk lainnya gampang-gampang susah, tetapi kita harus bisa menganalisa semua permasalahan tentang kerusakan hardisk ini. Hardisk merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam proses sistem pada komputer, karena tanpa adanya hardisk maka sistem tidak akan bisa berjalan.
Sebelum ke pembahasan tentang hardisk bad sector, maka kita harus tahu pengertian dari bad sector itu sendiri. Bad Sector merupakan sebuah istilah teknis yang biasanya digunakan untuk menggambarkan kerusakan pada hardisk. Bad sector biasanya kerusakan terjadi karena terbentur, jatuh, debu kotoran dan lain sebagainya.
Dalam tutorial troubleshooting sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang 4 Solusi Komputer yang tidak bisa booting dan Tips Cara Memformat Hardisk eksternal dan Flashdisk via DOS namun kali ini IT Newbie akan membahas Cara Memperbaiki Hardisk yang rusak karena bad sector.
Langsung saja tutorialnya, sebagai berikut :
1. Cara Memperbaiki Bad Sector dari Program Windows
  • Klik Mycomputer – Pilih drive yang akan di diagnose dan repair
  • Kemudian sobat bisa klik kanan pada drive tersebut dan kemudian pilih properties
  • Pilih tab tools
  • Kemudian klik tombol  Check now dalam error checking
  • Kemudian klik start dan tunggu hingga proses selesai
  • Setelah itu restart komputer sobat
Baca :   Tips Cara Mengatasi File .dll yang Hilang Pada System Windows

2.  Cara Memperbaiki Bad Sector pada beberapa aplikasi

  • Untuk penanganan awal sobat bisa format hdd dengan perintah format C:/C. (sesuaikan drive yang akan di format) – /C merupakan perintah yang digunakan untuk memperbaiki cluster yang rusak. saran IT Newbie backup dahulu data sobat.
  • Jika cara pertama belum berhasil gunakan software program disk manager bawaan dari pabrik sesuai dengan merk hardisk sobat.
  • Jika cara kedua belum berhasil sobat bisa gunakan HDDREG, MHDD, atau Low Level Format. sobat bisa dapatkan secara free, cari di mbah google.
  • Jika dari cara diatas sobat bisa melakukan pemotongan sector hardisk yang rusak, dengan cara membaginya, dan memotong cluster yang rusak karena bad sector.

Hardisk Terdeteksi atau terbaca di BIOS tetapi tidak bisa digunakan

Kejadian ini pernah IT Newbie alami dan biasanya menampilkan sebuah pesan error pada saat booting atau post. Permasalahan ini biasanya disebabkan oleh FIRMWARE dari hardisk tersebut yang problem. Untuk mengatasi permasalahan ini sobat bisa download program firmware berdasarkan merk dari hardisk.

Hardisk tidak terdeteksi di BIOS
Hardisk tidak terdeteksi di BIOS, merupakan permasalahan yang paling sulit karena kita harus mengutak-utik komponen didalamnya. Untuk menanggulangi permasalahan hadrisk yang tidak terdeteksi di BIOS banyak cara untuk menanggulanginya, diantaranya yaitu :
  • Mengecek sumber arus listrik ke hardisk
  • Mengganti IC pada motherboard pada hardisk
  • Mengecek posisi Head Hardisk
  • Mengkanibal hardisk yang rusak dengan hardisk yang baru dengan cara mengganti mainbord hardisk dan IC pada hardisk.
Setidaknya dengan membaca tutorial diatas sobat dapat memperbaiki hardisk yang rusak dan menanggulanginya secara baik dan benar. Saran IT Newbie jika hardisk yang hendak sobat ingin perbaiki selalu lakukan backup dahulu semua datanya.
Semoga tutorial Tips Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Karena Bad Sector dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua.
Salam IT Newbie..
SHARE

Leave a Reply