Home Hardware Pengertian dan Dampak Buruk Overclock pada Komputer

Pengertian dan Dampak Buruk Overclock pada Komputer

SHARE
Pengertian Overclock
Pengertian dan Dampak Overclock pada Komputer – Salam hangat dari IT Newbie, Pernahkah diantara sobat yang mengalami dimana komputer yang sudah lama dipakai dan kinerja sudah sangat lambat sekali. Komputer juga sama seperti manusia, dimana saat manusia kelelahan atau kecapean maka manusia diharuskan untuk istirahat bila tidak istirahat maka akan menimbulkan sakit bagi sesorang, begitupula dengan komputer yang sudah kelelahan dan diharuskan istirahat, komputer tidak boleh secara terus menerus dihidupkan, jika dihidupkan maka akan banyak sekali permasalahan yaitu pada komponen, sistem, hardware, software dan penyakit lainnya.
Sangat menyebalkan memang jika komputer yang kita pakai lambat kinerjanya, ini yang saya alami, saat itu saya sedang menggunakan komputer untuk bermain game, kira-kira saya sudah menggunakan komputer selama 2 jam, namun disaat itu komputer sudah mulai panas dan saat itu juga komputer mulai melambat kinerjanya. Akhirnya mau tidak mau saya matikan sampai dingin kemudian saya nyalakan kembali.
Cukup merepotkan bukan, jika komputer harus dimatikan disaat kita sedang asik-asiknya bermain game. Namun seperti itulah komputer yang mempunyai kemampuan batas juga, sama layaknya manusia. Dari kejadian diatas saya sempat mendapat saran dari teman saya untuk melakukan overclock pada komputer. Saat itu saya tidak mengerti apa itu overclock? dan apa dampak dari overclock?
Dalam tutorial terdahulu IT Newbie pernah membahas tentang Tips Cara Agar Suhu Processor tidak Cepat Panas dan Tips Ampuh Cara Meningkatkan Kinerja Windows 7

Taukah anda? pengertian dari Overclock? Overclock merupakan Cara dari sebuah proses Overclock untuk membuat sebuah perangkat yang berjalan pada kecepatan yang sangat tinggi daripada spek yang dimilikinya. Jika dilihat dari secara prinsip, Overclock yaitu digunakan agar membuat kinerja sebuah PC atau komputer menjadi sangat tinggi kecepatannya. Dengan kata lain, Overclock juga  dapat dianggap sebagai awal langkah untuk memaksa sebuah komputer melebihi kemampuan dari aslinya. Proses dari Overclock biasanya diukur dengan menggunakan sebuah satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Yang biasanya sebuah komponen yang sering di Overclock yaitu RAM,VGA, dan Prosessor.

Baca :   Perbedaan Printer Inkjet, Laserjet, dan Dot Matrix Kelebihan dan Kekurangan

Clock Speed merupakan sebuah hasil perkalian multiplier dengan bus speed. contohnya, seandainya prosessor bertipe AMD Athlon II X2 yang memiliki sebuah Clock speed sampai 2 Ghz. Clock Speed tersebut yang didapatkan dari hasil sebuah perkalian Multiplier X15 dengan bus speed 200 Mhz. Maka dapat dikatakan secara default, Mayoritas dari prosessor AMD yang ada saat itu akan memiliki sebuah nilai bus speed 200 Mhz dengan mendapatkan nilai multiplier yang jelas berbeda. Sobat juga dapat melakukan Overclock atau biasa disebut dengan Overclocking yaitu dengan menaikan salah satu parameter atau keduanya. Tetapi tidak semua dari parameter multiplier yang pada prosessor dapat dinaikan, hanya beberap tipe tertentu saja, dimana untuk platform pada AMD athlon biasa di kenal dengan nama tipe Black Edition ( BE ).

Dampak dari Overclock Pada Komputer, yang perlu sobat ketahui, proses overclock atau Overclocking ini akan memiliki dampak buruk pada sebuah sistem windows ada menjadi tidak stabil, dan terkadang membuat panas processor, dan yang lebih buruk lagi cepat atau lambat beberapa komponen komputer sobat akan rusak terutama seperti motherboard, RAM, Prosessor, dan VGA
Sebaiknya sobat dapat berpikir panjang jika harus overclock atau overclocking, memang awalnya komputer akan sangat cepat kinerjanya, namun cepat atau lambat komputer sobat bisa rusak dan jebol, karena terlalu memaksakan kinerja daripada spesifikasi semestinya.
Saran dari IT Newbie, sebaiknya sobat jangan melakukan overclock, lebih baik sobat menggunakan komputer atau laptop sobat dengan spesifikasi aslinya dari pabrik. Karena pabrik sudah menyesuaikan berdasarkan kualitas yang ada.
Semoga tutorial Pengertian dan Dampak Overclock pada Komputer ini dapat bermanfaat untuk sobat semua..
Salam IT Newbie.
Baca :   Cara Ampuh Mempercepat Booting Startup Windows 7
SHARE

Leave a Reply